Jumat, 19 Maret 2010

Kasus Pengambilan Darah Ayam Cemani.

Temanggung (tvOne)

Dinas Peternakan Dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, akan menelusuri kasus pengambilan sampel darah 17 ekor ayam cemani di Kedu oleh lima warga Malaysia yang seakan melakukannya secara sembunyi-sembunyi. 

"Kami akan menanyakan ke peternak untuk menelusuri perbuatan warga Malaysia itu, apakah terkait penelitian atau kepentingan lain yang sifatnya mistik," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Temanggung, Martias Rusli, di Temanggung, Selasa. 

Lima warga Malaysia secara diam-diam mengambil sampel darah ayam cemani di sebuah hotel di Banjarnegara, tempat mereka menginap pada November 2009. Hingga saat ini, belum diketahui motif pengambilan sampel itu tetapi kasus itu terungkap pada Minggu ( 21/2) setelah seorang peternak mengemukakannya. 

Ia mengatakan adanya dugaan berkaitan dengan kepentingan mistis atau magis atas pengambilan sampel darah itu. "Karena tidak masuk logika jika hanya mengambil beberapa mililiter darah dihargai sampai Rp10 juta. Jika penelitian, dengan uang tersebut bisa membeli ayam cemani," katanya. 

Rusli menyatakan, tidak menutup kemungkinan kegiatan mereka untuk penelitian karena darah mengandung beberapa komponen misalnya Fe (zat besi), antibodi, dan hemoglobin. 

Jika pengambilan sampel darah itu mengarah ke penelitian atas suatu ilmu pengetahuan, katanya, Pemkab Temanggung akan melayangkan protes kepada orang yang bersangkutan atau Pemerintah Malaysia melalui Dinas Peternakan Pemprov Jateng di Semarang dan Kementerian Pertanian di Jakarta. "Karena untuk penelitian ada aturannya," katanya. 

Rusli menyebutkan, populasi ayam cemani Kedu saat ini sekitar 88.122 ekor. Kelompok Tani Cemani, "Makukuhan Mandiri" Kecamatan Kedu, memelihara sekitar 22.637 ekor, diantaranya 214 ekor pejantan dan 1.562 ekor betina. 

Ia mengatakan, Pemprov Jateng akan mematenkan ayam cemani tersebut. Seorang peternak ayam cemani Kedu, Andoko, mengatakan, lima warga Malaysia pada November 2009 mendatangi dirinya dan sejumlah peternak lainnya. Mereka, memilih ayam yang diinginkannya secara acak. 

Pertemuan itu, katanya, dilanjutkan di sebuah hotel di Kabupaten Banjarnegara. Ia mengatakan, di tempat itu darah ayam diteteskan dengan melukai bagian jengger dan kemudian ditempatkan di suatu wadah khusus. 

Ia mengatakan, para peternak menerima imbalan berupa uang dengan jumlah bervariasi dari mereka atas pengambilan sampel darah itu. Jika darah ayam cemani yang berwarna merah kehitaman tidak berubah warna setelah selama lima menit, katanya, pemiliknya akan diberi imbalan lima juta rupiah. 

Jika warna darah tidak berubah selama 10 menit, katanya, imbalannya Rp10 juta. Jika warna darah ayam berubah dalam jangka waktu antara tiga hingga lima menit, katanya, pemiliknya mendapatkan imbalan Rp1,25 juta hingga Rp 2,5 juta.
http://nusantara.tvone.co.id/berita/view/33564/2010/02/23/kasus_pengambilan_darah_ayam_cemani_oleh_wn_malaysia_ditelusuri/

18 komentar:

  1. Artikelnya sangat menarik saya lagi Belajar CARA BUDIDAYA AYAM CEMANI tapi Belum Mempunyai Ayamnya Bisa kasih Pencerahan gak ya cara mendapatkannya email di Permala_lpg@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Salam kenal Mas,

    Bisa langsung contact saya untukmendapatkan Indukan Cemani.
    Yang Cemani Standart biasa saya jualyang umur 6-7 bulan Rp.1jt/pasang ( harga di tempat ),ayambisa diambil di Magelang atau di Ambarawa ( pilih mana yang dekat dari tempat Mas ),kalau yang istimewa ( Secara fisik makin Hitam Nandes ) harga Negosiasi ( bisa puluhan juta/ekor ),sedang yang Darahnya juga HitamBisa Milyaran per ekor ( saat inibanyak yang pesan tapi yang darah nya Hitam saya blum ada ).
    Kalau serius ingin memiliki bisa hubungi saya Eko BS./08562664389.
    Salam Sukses !

    BalasHapus
  3. Ada pesanan dari Malaysia sebanyak 40 pasang umur 6-7 bln, tapi saya masih bingung untuk mendapatkan Expedisi nya serta Legalitas karantina nya.
    Kira-kira ada yang bisa bantu kasih informasi tidak ya ??
    Termasuk untuk jasa Expedisi Unggas ( Cemani ) dari Jawa Tengah Ke Sumatra dan Sulawesi serta Kalimantan ?

    BalasHapus
  4. saya Muhammad Sabir (081342466969) sudah
    pesan ayam cemani 20 ekor umur 1 bulan
    sama Nur Faizin (08122943039), saya
    transfer tanggal 12 Nopember 2010 sampai
    sekarang 27 Nopember 2010 tidak ada kabar
    kapan dikirim ayamnya
    minta tolong jika ada yang punya nomor hp
    yang bisa dihubungi
    anggota Kelompok Tani Ternak Makukuhan

    Mandiri
    selain dari 08122943039
    sms ke 081342466969
    Kelompok Tani Ternak Makukuhan Mandiri
    Jl. Raya Kedu Km. 6 Rt. 05/03 Kedu Hp.
    08122943039
    Ketua Umum : A. Yuniarto
    Ketua 1 : Ariyanto
    Ketua 2 : Nur Faizin (08122943039)
    Sekertaris 1 : Andoko
    Sekertaris 2 : Trianto
    Bendahara 1 : Hendro
    Bendahara 2 : Alif Vigandi
    Seksi - seksi :
    Umum : Budi
    Pengadaan Barang : Solekhan
    Lapangan : Safak
    Anggota : 24 Orang
    minta tolong bantuannya, sampai sekarang
    tidak ada kabar dari Ketua 2 : Nur Faizin
    (08122943039) nomor hp tidak aktif
    apakah ada nomor hp yang bisa saya hubungi
    dari kelompok tani tersebut

    BalasHapus
  5. Wa'alaikumsalam Pak Muhammad Sabir,

    Saya turut Prihatin mendengar berita ini, namun Ma'af saat ini saya belum bisa bantu karena saya juga belum mengenal orang yang namanya Nur Faizin tersebut.
    Sementara Kedu dengan tempat tinggal saya Ambarawa cukup lumayan jauh yaitu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan Sepeda Motor.
    Semoga lain kali bisa lebih berhati hati dalam bertransaksi,agar tidak terulang lagi dan juga hal ini bisa buat Pembelajaran buat yang lain nya.

    Salam,
    Eko BS./08562664389.

    BalasHapus
  6. menurut mas Eko,cara bertransaksi yang aman bgmn?karna saya ingin memfokuskan bisnis ayam cemani secara profesional.Trim's

    BalasHapus
  7. Yang biasa saya lakukan adalah Uang transfer saya terima baru Cemani saya kirimkan,itupun kalau saya sdh mendapatkan kepastian Expedisinya yang bersedia bertanggung jawab terhadap keselamatan serta kesehatan cemani nya sampai tujuan, kalau tidak ya biasa Pembeli saya arahkan datang langsung ke tempat saya dan cash and carry.

    BalasHapus
  8. benar tidak bahwa dari seribu ayam cemani ada darah nya yang warna hitam? kalua ada dimana.terima kasih.

    BalasHapus
  9. Soal Cemani Berdarah Hitam terus terang saya sendiri masih belum yakin ada,karena selama saya berternak Cemani belum pernah mendapati,dan coba nanya nanya ke rekan Peternak yang sdh senior ( 40 berternak cemani )juga katanya belum pernah mendapati yang darah hitam,tetapi kalau yang seluruh fisik Hitam termasuk Ujung Lidah dan tenggorokan nya Hitam ,saya sendiri pernah menemui dan itupun sdh terjual dengan harga yang lumayan yaitu 150 jt.
    Mungkin ada rekan yang lain yang memiliki pengalaman berbeda bisa di Share disini biar yang lain tambah wawasan nya.....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohn maaf,,untuk ayam cemani darah hitam memang ada, sy punya ayam cemani darah hitam kecap.tp sy tdk niat jual. Skefo

      Hapus
    2. Jika anda suatu saat berminat untuk jual,silahkan hubungi sy Mas di No: 0821 3611 2471 ,sy sdg mencari Ayam cemani berdarah Hitam Kecap,Harga mengikuti..

      Hapus
    3. Saya ada ayam cemani kalau ada yang minat serius hub. 081220332567

      Hapus
  10. numpang tanya mas eko.bisa nggak ayam cemani disilang kawinkan dg ayam selain cemani?saya punya cemani betina dan jantan bangkok,waktu netas,anaknya berbulu hitam strip putih dan postur seperti bangkok.matur suwon

    BalasHapus
  11. mohon untuk jenis ayam cemani dan jenis binatang khas indonesia untuk di patenkan, jangan sampai kasus seperti kambing jenis etawa malah dipatenkan oleh oknum negara lain.
    I Love Indonesia.

    BalasHapus
  12. ternyata bisnis ayam cemani juga pak,
    bagaimana kalau dibuat bisnis makanan Ayam Goreng Cemani, :)

    BalasHapus
  13. Kami sedang mencari beberapa ekor ayam Cemani Hitam mulus,dan berdarah hitam Kecap (di buktikan dengan video pengetesan),Jika anda pemilik,silahkan menghubungi kami melalui
    Hp : 0821 3611 2471
    Email : Harvandenborr@yahoo.com
    Perlu kiranya untuk diketahui,bahwa ayam tersebut tidak untuk keperluan kami pribadi,namun ada pihak lain yang memerlukannya (maaf,Kami kurang jelas peruntukannya)
    Harga mengikuti

    BalasHapus
  14. Saya ada ayam cemani darah hitam kalau ada yang minat serius hub. 081220332567

    BalasHapus
  15. Bos saya punya ayam buluh putih blorok merah. Sedangkan kulit dan daging warnanya hijau kehitaman. Itu ayam jenis apa ya bos. Soalnya baru pengalaman punya ayam dagingnya hijau kehitaman....

    BalasHapus