Jumat, 19 Maret 2010

Pelihara Cemani Buat Sambilan.

Baru sekitar 10 hari ini aku miara ayam cemani, ayam cemani itu ayam yang item mulus, maksudnya semua bagian tubuhnya hitam legam. mulai dari bulu, kulit, daging, tulang, mata, langit – langit mulut, lidah. Sedangkan banyak orang bilang kalo darahnya itu juga item, tapi menurut pakar ayam dari IPB darah cemani itu nggak item, tapi merah namun sangat kental, sehingga dikirain hitam.

Ayam cemani ini tadinya aku pesen sepasang, jantan dan betina (@ IDR 200.000,-)langsung dari daerah asalnya yaitu daerah kedu di Kabupaten Temanggung lewat temanku. tapi waktu sampe jogja ayam yang jantan dimakan sama kucing, jadilah tinggal sang betina.

Ayam cemaniku tumbuh sehat dan kuat, pertumbuhan sempurna, nafsu makan bagus. namun sayang dia nggak ada temennya, tapi aku dah pesen lagi sih dari helmi buat nyariin ayam cemani jantan satu lagi. Kita tunggu aja kedatangannya, tapi sekarang helminya lagi sakit (kepada pembaca mohon doanya untuk kesembuhannya).

Ayam cemani umur 1 bulan betina

Ayam cemani ini diangap keramat sama sebagian orang apalagi sama dukun – dukun, dan harga jualnya itu mak, melangit. kemaren buka – buka disitus tokobagus.com, ada yang nawarin dengan harga IDR 125.000.000,- gila nggak tuh? hanya untuk harga seekor ayam. Kalo ada yang nawar ayamku 5 juta aja, udah tak lepas deh (hehehe promosi). Tapi beneran deh harganya melangit dan nggak pernah lesu kayak anthurium.

Cemani diambil dari bahasa sansekerta yang artinya item, karena emang ayamnya item polos. kalo menurut ahli Ayam sebenernya ayam ini hasil silangan dari ayam apa sama apa gitu, tapi menurut sebagaian orang ada legendanya lho, jadi jaman dulu didaerah kedu itu ada petapa sakti yang punya ayam item dan itu digunain buat nyembuhin berbagai macam penyakit, dari situlah ayam cemani terkenal.

Ayam cemani, menurut ahli flu burung (masih dari IPB) paling tahan sama yang namannya virus H5N1 alias flu burung, kekebalannya sampe 0.9, nggak tau tuh itungannya gimana. tapi kata beliau ayam cemani merupakan ayam yang cukup tahan terhadap H5N1, mungkin karena sifat gen dalam tubuhnya itu kali ya?.

Rencananya ayam cemaniku ini mau tak ternakin gitu, siapa tau nanti aku bakal jadi jutawan gara – gara ayam ini (tuh kan mengkhayal lagi). yah siapa tau, dari perkawinan pertama nanti menghasilkan 12 telur ayam dan yang menetas ada 8, otomatis ayamku ada 10 dong. abis itu mereka beranjak dewasa dan akhirnya kawin dan pastinya nambah lagi dong ayamku, belum lagi selama masa petumbuhan anak2 ayam, si induk pertama nelor lagi, nah tambah banyak aja ayam cemaniku, kalo saja 1 ayam cemaniku di hargai IDR 400.000,- maka dengan sepuluh ayam tak jual aja aku dah dapet IDR 4.000.000,- (weeeee kawin kawin kawin), tapi ini belum termasuk ongkos makan dan perawatan ding.

Tapi buat teman – teman yang udah kerja dan bingung mau sambilan apa? maka mungkin ternak cemani ini cocok lho buat kalian, karena terus terang aja, perawatannya mudah,nggak terlalu sulit, pakannya juga udah ada dipasaran, ngasih makannya sebelum berangkat kerja/kuliah aja. ayam cemani juga nggak rewel kayak broiler, tahan penyakit dan harganya melangit. hayo siapa mau coba?http://martsiano.wordpress.com/2008/05/18/ayam-cemani/

17 komentar:

  1. Artikelnya sangat menarik saya lagi Belajar CARA BUDIDAYA AYAM CEMANI tapi Belum Mempunyai Ayamnya Bisa kasih Pencerahan gak ya cara mendapatkannya email di Permala_lpg@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Kalau serius berminat bisa menghubungi saya Eko BS di Hp.08562664389.
    Biasa yang umur 6-7 bulan saya jual 1jt/pasang,sedang yang umur 3-4 bulan Rp.500rb/pasang ( Harga di tempat ),bisa diambil di Magelang atau di Ambarawa,pilih yang dekat dari Njenengan.
    Kalau yang secara fisik hitamnya nandes ( mendekati Istimewa ) harga sesuai negosiasi bisa puluhan juta,sedang kalau Darahnya juga Hitam banyak yang pesan dan berani bayar 1 Milyar,tetapi saya belum punya saat ini.
    Salam sukses !

    BalasHapus
  3. terima kasih untuk komunitas ayam cemani.
    saya adalah peternak dari Depok Jawa Barat tepatnya depok lama
    di komplek Permata depok sektor mirah Block L3 no.15A depok.
    telp: 081288545549
    kami menyediakan juga ayam cemani asli da kami berikan garansinya.
    satu2nya di depok lama.
    harga sangat terjangkau dan bervariasi
    stok ada banyak tinggal pilih.
    jenisnya ada juga yg bulu landak atau orang temanggung bilang rajeg.
    kami jamin tidak mahal krn kami ingin membantu yg membutuhkannya dikarenakan di daerah kami aga sulit mencarinya.
    monggo kami tunggu.

    BalasHapus
  4. Mas Fahmi,

    Saya dapat pesanan dari beberapa Pelanggan kami, untukCemani yang Istimewa ( Full Hitam nyampai Ujung Lidah dan Langit-langitnya/cetak nya ) dan ada juga yang minta darahnya juga harus Hitam, namun saat ini saya belum punya.
    Apa Mas Fahmi ada ? kalau positif bisa saya refferensikan ke Buyer saya Mas !

    BalasHapus
  5. umur 1 bln da ga boz?sepasang brapa anakan cemaninya?

    BalasHapus
  6. dediherliasandy17 Juli 2010 05.17

    bs dikirim ke jkt ga yg usia 1 bln?harga sepasang dan ongkos kirimnya brapa gan?

    BalasHapus
  7. Harga Cemani Sepasang yang Umur 3-4 bln rp.500rb,sedang yang umur 6-7 bln rp.1 jt.
    untuk saat ini belum bisa kirim karena belum dapat relasi expedisi yang bersedia menjamin keselamatan serta kesehatan Cemani sampai tujuan Pak, jadi bisa diambil sendiri di Magelang atau Ambarawa !

    BalasHapus
  8. Saya punya sepasang cemani full hitam sampai darahnya.. Yg berminat. hub )085710016000

    BalasHapus
  9. Benar Semua hitam termasuk ujung lidah & Cetak ( rongga mulut ) nya ? apa bisa kirim fotonya ( fisik keseluruhan,lidah dan cetak ) ke email saya ? kalau memang benar Insya Alloh saya bisa carikan Pembelinya Mas !

    BalasHapus
  10. saya Muhammad Sabir (081342466969) sudah pesan ayam cemani 20 ekor umur 1 bulan sama Nur Faizin (08122943039), saya transfer tanggal 12 Nopember 2010 sampai sekarang 24 Nopember 2010 tidak ada kabar kapan dikirim ayamnya

    minta tolong jika ada yang punya nomor hp yang bisa dihubungi
    anggota Kelompok Tani Ternak Makukuhan Mandiri
    selain dari 08122943039

    sms ke 081342466969

    Kelompok Tani Ternak Makukuhan Mandiri
    Jl. Raya Kedu Km. 6 Rt. 05/03 Kedu Hp. 08122943039
    Ketua Umum : A. Yuniarto
    Ketua 1 : Ariyanto
    Ketua 2 : Nur Faizin (08122943039)
    Sekertaris 1 : Andoko
    Sekertaris 2 : Trianto
    Bendahara 1 : Hendro
    Bendahara 2 : Alif Vigandi
    Seksi - seksi :
    Umum : Budi
    Pengadaan Barang : Solekhan
    Lapangan : Safak
    Anggota : 24 Orang

    minta tolong bantuannya, sampai sekarang tidak kabar dari Ketua 2 : Nur Faizin (08122943039) nomor hp tidak aktif
    apakah ada nomor hp yang bisa saya hubungi dari kelompok tani tersebut

    BalasHapus
  11. Wa'alaikumsalam Pak Muhammad Sabir,

    Saya turut Prihatin mendengar berita ini, namun Ma'af saat ini saya belum bisa bantu karena saya juga belum mengenal orang yang namanya Nur Faizin tersebut.
    Sementara Kedu dengan tempat tinggal saya Ambarawa cukup lumayan jauh yaitu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan Sepeda Motor.
    Semoga lain kali bisa lebih berhati hati dalam bertransaksi,agar tidak terulang lagi dan juga hal ini bisa buat Pembelajaran buat yang lain nya.

    Salam,
    Eko BS./08562664389.

    BalasHapus
  12. mas eko...salam kenal,saya pemula budidaya ayam cemani,sekalian bisnisan.menurut mas eko,apa betul ada cemani yang darahnya 100% hitam?suatu saat,boleh nggak minta banyuan jualin ayam cemani,saat ini ayam saya lagi mengerami.trim's

    BalasHapus
  13. Salam Kenal Kembali Mas Dodiek,
    Menurut pengalaman Pak Lik dan beberapa teman saya yang sudah menekuni budidaya Cemani sekitar 40 tahun yang lalu, belum pernah mendapati Cemani yang darah nya Hitam,kecuali Merah Kental itu iya ada.
    Insya alloh kalau pas ada yang butuh banyak dan stock saya nipis bisa saya referensikan ke Njenengan.
    Semoga selalu Sukses penuh Berkah buat Kita bersama.
    Salam,
    eko BS./08562664389
    http://batiktuliscanting100.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Untuk pak sabir saya turut prihatin deh..namanya juga cemani pak,ayam cemani kan bukan ayam sembarangan jadi carinya juga gak boleh sembarang lah!kenapa carinya kok di peternak sih.??cemani kok di ternakin yang boten-boten aja pak..kalo ayam kedu pasti banyak lah disana..hati2 tertipu pak!!ayam cemani yg asli pasti 2 alam pak dan bila beranak cuma sepasang aja kok!biasanya jg yg pelihara bukan org sembarangan pula.bukan peternak ha ha ha ha..

    BalasHapus
  15. permisi,ikut nimgrung.mas eko..bisa nggak ya.ayam cemani disilangkan dg ayam selain cemani?saya punya cemani betina dan jantan bangkok.waktu netas,anaknya berbulu hitam strip putih,postur seperti bangkok,skrg sudah berumur 2 bln.
    lokasi saya,surabaya.hp.08816220386

    BalasHapus
  16. Mas Dodiek....pada prinsipnya ayam cemani itu bisa saja di kawin silangkan dengan jenis apapun asal mau jodoh...dan tentunya hasilnya bisa bervariasi warnanya, sementara yang banyak dicari mayoritas Cemani yang Full Hitam Mas !

    BalasHapus
  17. matur suwun banget mas...atas informasinya.Salam sukses selalu mas.

    BalasHapus